OliMaticBmw

1250000.00 Dollar US$
Vehicles October 16, 2022 3

Description

Jenis Perawatan dan Perbaikan di Bengkel VW


 


Mobil VW bekas mungkin menjadi incaran bagi beberapa orang. Salah satunya adalah mobil Volkswagen Touran yang harganya cukup menggiurkan. Namun sebelum memiliki mobil VW, sebaiknya pahami cara perawatannya seperti kapan harus ke bengkel VW untuk service berkala.


 


Jenis Service Mobil VW di Bengkel Spesialis


Jangan asal memilih bengkel, pastikan Anda hanya service di bengkel umum yang khusus menangani mobil VW. Beberapa layanan service yang diperlukan untuk menjaga performa mobil antara lain seperti berikut.


 


Service berkala


Service berkala setiap beberapa ribu kilometer merupakan perawatan mobil yang tidak boleh diabaikan. Bagi pemilik mobil VW, perlu membawa mobil ke bengkel untuk service rutin dengan jadwal seperti berikut.


 


Service 5.000 km


Jika sudah mencapai jarak 5.000 km pertama atau sekitar 3-4 bulan, mobil perlu dibawa ke bengkel untuk service berkala. Sangat dianjurkan untuk ganti oli pada service ini agar kinerja mobil tetap maksimal. Selain itu, beberapa pengecekan lain yang biasanya dilakukan antara lain pengecekan sistem steering, kampas rem, filter oli, dan cairan yang ada pada mesin mobil.


 


Service 10.000 km


Mobil VW yang sudah mencapai jarak 10.000 km sebaiknya diservis di bengkel VW untuk pengecekan komponen atau perbaikan secara keseluruhan. Dimulai dari oli transmisi, oli mesin, oli power steering, minyak rem, kopling, dan air radiator. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek tekanan angin, idle mesin, aki, filter udara, dan roda.


 


Service 15.000 km


Selanjutnya pada jarak 15.000 km, mobil VW Anda juga perlu dicek kembali ke bengkel. Selain penggantian oli, service juga meliputi pengecekan suspensi, fluida, oli mesin, dan minyak rem.


 


Service 20.000 km


Saat penggunaan mobil VW mencapai 20.000 km wajib dilakukan service berkala. Service ini cukup lengkap meliputi pengecekan rem, pembersihan filter udara, penyetelan klep, kalibrasi idle, penggantian busi, pembersihan throttle body, pembersihan filter AC, hingga balancing dan spooring.


 


Tune up


Service mobil yang dijadwalkan setiap satu tahun sekali atau tune up penting untuk mempertahankan performa mobil VW. Namun untuk tune mobil-mobil lawas mungkin bisa dilakukan setiap 5.000 km. Service ini harus melalui scan terlebih dahulu untuk menganalisa kondisi dan masalah mobil.


 


Setelah scan, tune up untuk cek busi, filter udara, filter bensin, dan injector. Apabila ada yang rusak, maka akan diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Jika ada yang kotor seperti karburator dan injector, biasanya bengkel VW akan membersihkannya menggunakan cairan carbon cleaner.


 


Overhaul


Mobil VW biasanya tidak terlalu banyak penyakit, selama perawatannya benar. Namun jika bengkel sudah menyarankan overhaul, berarti ada kerusakan yang sudah berat sehingga perlu turun mesin. Teknisi akan membongkar satu per satu bagian mesin mobil untuk mendiagnosa kerusakannya.


 


Sebenarnya sebelum mobil VW turun mesin, biasanya akan ada gejala atau tanda-tanda yang muncul. Berikut beberapa indikasi mobil VW perlu turun mesin atau overhaul.


 


Suara mesin menjadi kasar


Tenaga kurang maksimal


Oli mesin lebih cepat habis


Piston yang mengunci


Spooring


Jenis servis di bengkel selanjutnya adalah spooring atau wheel alignment. Perawatan mobil untuk memastikan kaki-kaki mobil khususnya roda dalam kondisi bagus. Teknisi akan menyelaraskan kembali sudut setiap roda sesuai dengan standar VW.


 


Pekerjaan spooring ini dilakukan dengan program komputer untuk presisi setiap roda mobil. Service ini diperlukan untuk menjaga kinerja perputaran tapak roda tetap bagus. Hal ini diperlukan agar ban mobil tidak cepat aus dan tentunya bahan bakarnya tidak cepat habis.


 


Selain spooring, service untuk bagian kaki-kaki mobil VW adalah balancing. Sesuai dengan namanya, perawatan ini diperlukan untuk memastikan bobot ban dan pelek seimbang. Jika tidak seimbang, mobil VW akan tidak nyaman untuk dikemudikan seperti terasa bergetar ketika melaju pada kecepatan tertentu.


 


Itulah beberapa jenis perbaikan mobil di bengkel VW yang diperlukan untuk menjaga performa mobil tetap bagus. Hal yang paling penting adalah service harus di tempat khusus yang melayani perawatan mobil-mobil Eropa seperti mobil VW. Bengkel yang memiliki teknisi profesional dan peralatan pendukung yang lengkap untuk servis VW.


Please visit our website: https://www.bengkelquattro.com
Share by email Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Pin on Pinterest